Sunday, September 10, 2017

Terpilih di LOCALINTERNATIONAL 2017 - Turki



       
 Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
              Pagi itu 24 juli 2017 menjelang shubuh, sebagai seorang jobseeker setelah lulus beberapa bulan lalu dari Universitas, aku aktif sebagai pengecek email pada inbox dan spam. Upss.. siapa tau ada panggilan kerja. Seketika mengecek inbox .. yaaah email2 harian yang banyak promosinya. Terus ketika ngecek spam, Dan dapatlah sebuah email ini: 



           Whaaat? Bakal ke turki? 10 hari? Gratis? Cuma nanggung uang jajan pribadi dan visa doang? Awalnya gemeteran.. Apakah bener ini email, soalnya masuk ke spam. But,  I know about this program, because one of my friend Pocut shaliha is the alumni of this program last year and I registered on this program a few weeks ago. So I directly send a message to pocut and she said ya! Congrats Fadhil! That’s a truth email. Haahahaha Masih gemeteran jugaa soalnya this is would be my first international event and  my first INTERNATIONAL TRIP!  (Massiiih panjang niih story serunya Yuuk terus dibaca.. – Tips! Jangan lupa qurannya juga dibaca ya hari ini.. hehehhehe ) Alhamdulillah, Alhamdulillah.... penolakan dari program-program sebelumnya dan terus bergerak pantang mundur selama ini ada membuahkan hasil. Reaksi keluarga pun ikut senang dan membantu persiapan ini itu.
            Jadi LOCALINTERNATIONAl ini program internship tahunan semenjak 2012 yang diadakan oleh Union of Municipality of Turkey namun dipandanganku program ini seperti dalam bentuk seperti workshop selama 10 hari di Turki (Ankara, Konya, Istanbul -Mungkin bisa berbeda setiap tahun). Kita di ajak mengelilingi kantor-kantor yang ada di turki seperti PDAM, Kantor Walikota belajar sistem transportasi, mengelilingi tempat-tempat wisata sekaligus mempelajari sejarah dan budaya disana. Pada tahun 2017 ini peserta yang lulus program ini adalah 44 orang dari 25 negara dan dari 3000-an pendaftar. 


Nah Alhamdulillah dari Indonesia itu cuma 2 perwakilan dan keduanya adalah orang Aceh (lihat no.18 dan 19), Alhamdulillah lagi. Satunya aku dan satu lagi Intan Farhana, dimana Intan juga teman satu kampus plus satu jurusan pulaak hahahaha. Sebenarnya yang dari unsyiah ada 3 orang yaitu mahmud dari Kyrgiztan, dia sempat kuliah di Unsyiah di jurusan yang sama letting 2012 namun telah kembali pulang ke Kyrgiztan. Aku berterima kasih sekali niih sama Intan because she has so many experiences travel around the world, jadi banyak belajar tentang perjalanan sama beliau dari mulai dari Bandara sampai jalan-jalan di turkinya dan table manner. Jazakillahu khairan Intan. heheehehhe maaf kalau banyak nanya ini itu disana haahahah.

Persiapin apa aja? Gimana Essaynya?
            Jujur persiapanku untuk program ini tidaklah banyak. Mengisi formulir programpun hanya melalui handphone android Redmi 3 dan ngisi form plus essay-essaynya itu gak lebih dari 20 menit yaaah mungkin sekitar 15 menitan. Waaaaah gilaak, ngisi kaya gitu bener-bener rejeki yaaah asik bangets. Eiitts jangan mikir enak-enaknya duluu, kalau dipikir-pikir diingat-ingat lagi sebelum ini aku udah pernah daftar di bayak program exchange semenjak SMA dahulu hahaha baru jebol waktu tamat kuliah.Ada sekitaran penolakan dari belasan international program mungkin yang sempat mendaftar.. Yuk disimak kisahnya disini


              Di dalam formulir mengisi biodata seperti biasa dan di akhir formulir ada diminta 1 essay yang berisi 1000 karakter saja.

Dimana bisa melihat informasi LOCALINTERNATIONAL 2017?

              Mengenai program LOCALINTERNATIONAL bisa di cek disini http://www.tbb.gov.tr/basin-ve-yayin/haberler/20170607-localinternational-2017

Poster LOCALINTERNATIONAL 2017

Sekian Duluu semoga bermanfaat... hehehe Akan Melanjutkan cerita-cerita selanjutnya. 
Wassalam.

2 comments:

  1. masyaAllah, senang sekali bisa membaca blog kak Fadhil mengenai LocalINTERNATIONAL 2017. aku mau nanya kak tentang program ini, salah satu syaratnya yaitu sedang menjadi mahasiswa tahun terakhir atau fresh graduates, saat ini saya masih semester 6 dan pada bulan Agustus (pelaksanaan LocalINTERNATIONAL 2019) saya sudah menjadi mahasiswa tahun terakhir (re: semester 7), menurut kakak apakah saya boleh mendaftar program ini ? terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  2. Assalmualikum! I have actually applied for the program but i have to apply for my passport but i am far away from home so i wanted to ask if i can apply for my passport after confirmation of selection. Are enough days available between the arrival of mail and sending the passport copy?

    ReplyDelete